Sabtu, 10 Agustus 2013

Pemilu Presiden 2014

Pada tahun 2014 nanti Indonesia akan punya presiden baru. Pemilihan ini akan menjadi pemilihan presiden secara langsung ke-3 di Indonesia. Nahh pada pemilu kali ini juga ada seusatu yang baru yang akan dicoba dalam pemilihan ini. sistem pemungutan suara akan menggunakan sistem e-voting. e-voting adalah pemilihan yang memanfaatkan peralatan elektronik atau gadget dan internet.

Ternyata ada cukup banyak calon ada periode mendatang. Walaupun juga belum 100% pasti. 
Ini adalah nama-nama calon presiden menurut beberapa sumber.  

  • Agus Martowardojo, Gubernur Bank Indonesia
  • Ani Yudhoyono, Ibu Negara Indonesia
  • Anies Baswedan, Rektor Universitas Paramadina
  • Dahlan Iskan, Menteri BUMN
  • Djoko Suyanto, Mentri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan   
  • Endriartono Sutarto, Mantan Panglima TNI
  • Irman Gusman, Senator dan Ketua DPD
  • Jusuf Kalla, mantan Wapres 
  • Megawati Soekarno Putri, Mantan Presiden 
  • Rhoma Irama, Musisi Dangdut dan Aktor
  • Surya Paloh, ketua Umum Partai NasDem
Memang masihada banyak perdebatan tentang calon-calon presiden pada periode mendatang. Beberapa berdebat tentang kepantasan calon-calon menjadi presiden. Ada banyak pro dan kontra. Seperti contohnya kehebohan saat Rhoma Irama berniat mencalonkan diri menjadi presiden dan beberapa calon lain. 

Menurut saya perlu ada syarat-syarat tambahan untuk orang yang ingin  mencalonkan diri sebagai presiden. Seperti orang itu harus sudah ada di dunia politik selama misla 5 tahun, atau harus mengetahui dunia politik dengan baik dan benar. Karena jujur saja kurang setuju bila indonesia akan dipimpin oleh pemimpin yang kurang mengetahui keadaan politi-politik yang ada karena itu sangat beresiko.

Menjadi presiden bukan suatu hal yang mudah. Memimpin suatu negara bukan seperti permainan. Seorang presiden harus bertanggung jawab karena ini bukan hal main-main. ini menyangkut banyak nyawa. Yaa banyak nyawa dipertaruhkan. Nyawa semua penduduk yang ada. Akan sangat fatal akibatnya bila jabatan yang sangat penting ini dipegang oleh orang yang salah. Maka perlu ada tambahaan syarat-syarat. Syarat untuk menjadi presiden kurang spesifik menurut saya. Intinya hanya warga negara RI yang baik, tidak pernah melakukan kejahatan, beragama,dll. Tetapi ada satu point yang terlewat yaitu tertulis berpendidikan paling rendah tamat SMA. Yaa memangtertulis kata paling rendah. Tetapi alangkah bainknya bila standard itu ditinggikan lagi.Untuk memimpin suatu negara butuh engetahuan yang luas. Bukan hanya pendidikan nonformal tetapi juga formal. memang pengalaman itu juga penting tetapi pengetahuan resmi tidak bisa didapat dari hanya pengalaman saja. tetapi hrus dari pendidikan formal di suatu lembaga pendidikan. Saya harap pemerintah bisa memberikan syarat-syarat yang lebih spesifik dan meningkatkan acuan syarat menjadi presiden.


1 komentar: